Imam Syafi’i Sang Penegak Sunah

share

Imam Syafi’i Sang Penegak Sunah (Seri Komik Islami)

Kode buku 808-207-030-0
ISBN 978-602-09-3553-9
Penulis Irfan Mahardika
Halaman 106


Tentang Buku:
Siapa yang tak kenal Imam Syafi’i? Ia adalah salah seorang pendiri mazhab terbesar Ahlus Sunnah Wal-Jamaah (Sunni) yang dianut oleh mayoritas muslim di dunia. Ia dikenal sebagai orang yang menghidupkan kembali kecintaan umat kepada hadis-hadis Nabi sebagai sumber rujukan dalam berijtihad, selain kepada Al-Qur’an, di masa ketika mazhab Mu’tazilah yang lebih mengedepankan akal (ra’yu) menjadi resmi mazhab pemerintah (kekhalifahan). Lantaran hal ini, ia dijuluki sebagai seorang penegak sunnah (hadis). Salah satu ujaran darinya yang terkenal adalah: ”Jika fatwa-fatwaku tidak bersesuaian dengan kandungan Al-Qur’an dan hadis, maka tinggalkanlah.”

Imam Syafi’i juga menjadi istimewa karena dianggap sebagai pionir dan peletak dasar ilmu ushul fikih, yaitu ilmu hukum dalam Islam yang mempelajari kaidah, teori, dan sumber hukum secara terperinci dalam rangka menghasilkan hukum Islam yang diambil dari sumber-sumber tersebut.

—————————————————————————————————————–

“IMAM SYAFI’I” Sang Penegak Sunah disajikan dalam bentuk komik agar meringankan beban dalam memahami cerita tanpa mengurangi substansi. Komik ini merekam riwayat hidup Imam Syafi’i dan pengembaraannya dalam menuntut dan menyebarkan ilmu agama Islam. Diceritakan pula bagaimana ia menjalani hidup di Madinah, Baghdad, juga Mesir saat berhubungan dengan komunitas pelajar dan guru dalam menjawab masalah-masalah keislaman.

Komik ini juga memotret suasana konflik dan kelihaian Imam Syafi’i dalam menyikapi perbedaan pendapat di kalangan para ulama atas suatu masalah agama Islam. Dengan dasar yang kokoh berpijak kepada kebenaran, Imam Syafi’i tetap memegang teguh prinsip-prinsip yang diyakini, sekalipun pihak-pihak yang tidak menyukainya terus merongrong, bahkan melukainya secara fisik, sampai ia menghadap ke ribaan Allah SWT.


Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *