Himpunan Fatwa Perbankan Syariah

Himpunan Fatwa Perbankan Syariah

Kode Buku 808-207-045-0
ISBN
Penulis DEWAN SYARIAH NASIONAL MUI
Halaman


Tentang Buku:
Himpunan Fatwa Perbankan Syariah memuat fatwa-fatwa mengenai dunia perbankan syariah yang tengah marak dan menjadi sorotan masyarakat. Himpunan fatwa ini diputuskan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) untuk menjawab persoalan-persoalan mutakhir dalam dunia perbankan Indonesia. Beberapa hal yang dibuatkan fatwanya, antara lain, mengenai giro, akad jual-beli salâm, akad ijârah, akad musyârakah, deposito, bahkan mengenai layanan pembiayaan berbasis teknologi informasi (fintech) berdasarkan prinsip syariah dan transaksi melalui uang elektronik sesuai syariah. Secara keseluruhan buku ini memuat lebih dari 80 fatwa yang terkait dengan dunia perbankan syariah maupun dunia ekonomi syariah secara umum.

Buku Himpunan Fatwa Perbankan Syariah layak dimiliki oleh setiap muslim, khususnya yang kansern di bidang perbankan dan ekonomi Islam, para pengamat ekonomi, para pengambil keputusan, bankir syariah, lembaga keuangan syariah, serta para ulama, dan pengkaji ilmu-ilmu ekonomi Islam.

Buku ini adalah rujukan sekaligus juga ikhtiar untuk menumbuhkembangkan dunia perbankan syariah di Indonesia agar tercapai tatanan masyarakat yang semakin menghayati kehidupan beragama (mutadayyin) dan terbentuknya suatu peradaban kemasyarakatan yang luhur (mutamaddin), sesuai dengan cita-cita luhur Islam. Bagi kalangan umum yang lebih luas, himpunan fatwa ini dapat dijadikan objek kajian hukum dan perbandingan demi melahirkan kebijakan publik yang berkeadilan, khususnya dalam bidang perbankan dan dan ekonomi Islam.

Keunggulan Produk:

  1. Memuat fatwa-fatwa perbankan syariah yang duputuskan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) secara lengkap.
  2. Tidak hanya memuat konsideran fatwa, namun juga memuat penjelasan tentang lahirnya fatwa-fatwa yang duputuskan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) sehingga pembaca dapat memahaminya secara lebih komprehensif.
  3. Himpunan fatwa-fatwa perbankan syariah yang duputuskan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) ini terbit dalam momentum yang pas, di mana pemerintah dan dunia perbankan syariah tengah bergeliat seiring dengan cita-cita Indonesia yang ingin tampil sebagai pusat halal dunia, termasuk dalam aspek perekonomian.

Andriansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *