Himpunan Fatwa MUI Edisi Terlengkap

Himpunan Fatwa MUI Edisi Terlengkap

Kode Buku: 008-205-002-1
ISBN: 978-602-0935-89-8
Penulis: Sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI)
Halaman: 1912
Editor: Andriansyah Syihabuddin



Tentang Buku:
Buku ini menghimpun fatwa-fatwa serta keputusan-keputusan paling lengkap yang dihasilkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak kelahirannya pada 26 Juli 1975, sampai dengan fatwa yang paling mutakhir. Himpunan fatwa ini dikompilasi dari tiga sumber fatwa yang merupakan produk masing-masing lembaga/forum yang ada pada MUI, yaitu fatwa yang ditetapkan dalam sidang Komisi Fatwa; fatwa yang ditetapkan dalam Musyawarah Nasional MUI, dan fatwa/keputusan yang ditetapkan dalam Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia.

Hasil-hasil fatwa tersebut disusun dan dikelompokkan secara tematik, kecuali hasil-hasil fatwa Ijtima’ Ulama yang disajikan secara utuh dalam bagian tersendiri. Ada empat kategori/tema besar fatwa-fatwa dalam buku ini. Pertama, tentang akidah dan aliran keagamaan. Kedua, tentang masalah ibadah. Ketiga, tentang masalah sosial dan budaya. Keempat, tentang pangan, obat-obatan, dan kosmetika (POM), serta ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Fatwa-fatwa dan keputusan dalam buku ini memiliki posisi strategis sebagai wadah musyawarah para ulama, para pemimpin masyarakat (zu’ama/umara), dan cendekiawan muslim dalam mengkaji dan memutuskan masalah keagamaan dan kemasyarakatan, baik pada level nasional maupun internasional. Selain itu dapat digunakan untuk kepentingan ilmiah maupun amaliah yang lebih luas. Bagi masyarakat, himpunan fatwa ini diharapkan menjadi pedoman, panduan, dan pegangan hidup, terutama bagi umat Islam, dalam beragama, bermasyarakat, dan berbangsa.

Buku ini layak dimiliki oleh setiap orang yang mengaku dirinya sebagai muslim/muslimah yang taat, kaum cerdik pandai, para pengambil keputusan, serta para ulama, agar tercapai suatu tatanan masyarakat yang semakin menghayati kehidupan beragama (mutadayyin), dan terbentuknya suatu peradaban kemasyarakatan yang luhur (mutamaddin) sesuai dengan cita-cita luhur Islam. Bagi kalangan umum yang lebih luas, himpunan fatwa ini dapat dijadikan objek kajian hukum dan perbandingan, demi melahirkan kebijakan publik yang berkeadilan.

Keunggulan Buku:

  1. Memuat fatwa dan keputusan MUI paling lengkap, sejak lembaga keagamaan ini didirikan pada 1975.
  2. Memuat fatwa dan keputusan MUI paling mutakhir.
  3. Himpunan fatwa ini memuat hal-hal baru, seperti adanya penjelasan fatwa sehingga pembaca dapat memahaminya lebih komprehensif, tidak seperti terbitan himpunan fatwa MUI sebelumnya yang hanya berupa konsideran keputusan, tanpa memuat penjelasan sedikit pun.
  4. Himpunan fatwa ini terbit dalam momentum yang pas, mengingat MUI sekarang ini semakin menjadi kelompok kepentingan yang semakin menjadi sorotan dan berpengaruh, tidak hanya bagi umat Islam, tapi bagi masyarakat secara luas, baik yang pro maupun yang kontra terhadapnya.

Andriansyah

1 COMMENT
  • Isabella
    Reply

    Fatwa yang dihasilkan dalam forum ijtima’ (konsensus) ulama ini mecakup tiga hal, yaitu fatwa-fatwa yang terkait dengan masalah-masalah dasar berbangsa dan bernegara (Masail Asasiyah Wathaniyah), fatwa-fatwa yang terkait dengan masalah realitas kekinian (Masail Waqi’iyah Mua’ashirah), dan fatwa-fatwa yang terkait dengan masalah perundang-undangan nasional di Indonesia (Masail Qanuniyah). Umumnya fatwa-fatwa yang diputuskan dari forum ini bersifat rekomendasi yang ditujukan kepada masyarakat, instansi swasta maupun pemerintah. Sementara itu, buku Himpunan Fatwa Perbankan Syariah memuat semua fatwa terkait dengan praktik perbankan syariah di Indonesia yang diputuskan oleh Dewan Syariah Nasional MUI. Secara total terdapat 90 fatwa perbankan syariah di dalam buku Himpunan Fatwa Perbankan Syariah, yang diputuskan sejak Dewan Syariah Nasional MUI didirikan pada tahun 1999.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *