Menebar Kebaikan Dengan Bersedekah di Bulan Suci Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Dibulan suci Ramadhan kita berlomba-lomba dalam kebaikan, karena bulan yang penuh berkah ini Allah melipat gandakan pahala sebagaimana dijelaskan pada Hadist dibawah ini.
“ Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah TA’ala berfirman ‘kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untukkku, aku sendiri yang akan membalasnya.” (HR. Bukhari)
Banyak hal yang dilakukan dalam berbuat kebaikan salah satunya ialah bersedekah. Setiap orang bisa bersedekah dimanapun dan kepada siapapun. Ini peluang bagi kita semua untuk bersedekah salah satunya dengan memberi makan orang yang sedang berpuasa.
“Nabi Muhammad Saw bersabda. Barang siapa memberi makan orang puasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang sedang berpuasa itu sedikitpun” (HR. Tirmizi)
Di salah satu lampu lalu lintas di Kota Pontianak hampir setiap harinya di bulan Ramadhan tahun ini membagikan takjil dan mineral gratis untuk pengendara bermotor maupun pejalan kaki yang melalui jalan itu. orang yang memberi takjil gratis tersebut terdiri dari mahasiswa dalam sebuah organisasi, masyarakat yang memang ingin berbagi, dan juga polisi setempat. Ketika lampu berwarna merah disitulah bagi mereka membagikan takjilnya dan melakukan dokumentasi berupa foto.
Selain itu juga di beberapa Masjid di Kota Pontianak selalu melaksanakan buka bersama setiap hari selama bulam suci ramadhan dengan gratis yang juga berupa takjil dan mineral. Ini juga peluang bagi donatur untuk menyumbangkan uang atau makanan dan minuman di salah satu masjid. Tentunya ini bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal disekitar masjid tersebut. Banyak diantaranya adalah mahasiswa yang merantau di Kota Pontisnak, juga penjual yang berjualan disekitar Masjid menyempatkan berbuka bersama dan masyarakat yang kurang mampu serta anak yatim. Mereka sangat berterima kasih kepada donatur yang tak diketahui nama dan orangnya, mereka hanya berdoa agar orang tersebut dibalas kebaikannya oleh Allah SWT.
Sungguh indah bulan Ramadhan tahun ini begitu banyak umat islam melakukan sedekah semoga tidak hanya dibulan suci ramadhan tetpai juga setelahnya.


Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *