Sempurnakan Ibadah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa dibandingkan dengan bulan-bulan Hijriyah lainnya. Hal tersebut dapat kita pahami secara logis, seperti kitab suci Al-Qur’an yang diturunkan di bulan Ramadhan, terdapat malam istimewa bernama Lailatul Qadar, dan terdapat ibadah khusus yaitu Puasa wajib dan Sholat Tarawih.
Lalu bagaimana kita mengarungi bulan Ramadhan dengan sempurna? Tentu saja dengan menyempurnakan ibadah sesuai tuntunan Rasulullah saw. Bagaimana Rasulullah memberi fontoh? Apakah dengan membeli baju mahal untuk dipamerkan di hari raya? Apakah haru seperti lomba makan cepat ketika berbuka? Dan apakah harus seperti membaca mantra saat shalat Tarawih? Begitulah realita yang terjadi saat ini.
Sudah saatnya kita menjauhi hal-hal buruk tersebut. Lebih baik mengikuti tuntunan dari Rasulullah agar ibadah kita sempurna dan dapat ditetima oleh Allah. Sudah saatnya kita meperbanyak sholat sunah, saatnya untuk tidak meninggalkan sholat fardhu, saatnya meperbanyak bacaan Al-Qur’an, dan saatnya memohon ampunan karena ini adalah kesempatan emas untuk kita seolah-olah dilahirkan kembali menjadi bayi yang suci. Jangan sampai kita rugi karena melewatkan bulan Ramadhan ini, tetapi dosa kita tidak diampuni dan amal ibadah kita tidak diterima.


Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *