Solusi menenangkan hati di tengah peliknya hidup

Dunia adalah tempat ujian yang dapat berupa nikmat, musibah, taat ataupun maksiat. Tidak mungkin orang yang masuk kelas tidak di uji. Semaksimal mungkin tenaga dan pikiran harus dikerahkan demi lulus ujian tersebut. Tatkala penat akan muncul tiba-tiba di tengah-tengah proses ujian. Maka hiburan terbaik dari zaman dulu hingga zaman milenial sekarang adalah dengan banyak mengingat Allah (Dzikrullah).

Bahkan Ustad Khalid Basalamah hampir setiap hari selalu mengulang-ulang sebuah Hadis Qudsi sebagai hiburan yang tidak akan pernah ada habisnya karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyampaikan kepada kita berita gembira tentang orang-orang yang mau berprasangka baik dengan Allah.

Adapun isi Hadis Qudsi tersebut adalah sebagai berikut, dimana bisa menjadi solusi menenangkan hati di tengah peliknya hidup.

Allah berfirman,
Wahai anak Adam jangan pernah engkau takut kepada siapapun yang mempunyai kekuasaan, selama kekuasaanku ada dan ketahuilah kekuasaanku tidak akan pernah punah selamanya.
Wahai anak Adam jangan pernah engkau takut dengan kesempitan rezeki karena perbendaharaan ku penuh dan perbendaharaan ku tidak akan pernah punah selamanya.
Wahai anak Adam aku menciptakan engkau untuk beribadah, Maka jangan kamu main-main.
Jika engkau Ridha dengan pemberian ku maka aku akan membuat jiwa dan ragamu tentram
tapi jika engkau tidak menerima pemberian ku maka aku akan membuatmu mengejar dunia seperti hewan buas yang sedang mengejar mangsanya di padang pasir, kemudian tidak akan datang kepadamu kecuali yang sudah aku tampilkan.
Wahai anak Adam jangan pernah engkau minta rezeki untuk esok hari sebagaimana Aku tidak pernah meminta kepada mu amal esok hari
Wahai anak Adam Sesungguhnya Aku Mencintaimu maka atas hak itulah Cintailah Aku.

Hadis tersebut memang sangat mententramkan hati.

Kita tidak perlu khawatir untuk tinggal di dunia ini, karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Jangan pernah takut kepada siapapun yang mempunyai kekuasaan, baik itu pemimpin, raja, ataupun manusia lainnya yang memiliki jabatan, karena itu hanya kemasan dan kiasan dalam hidup yang akan berakhir pada waktunya. Sesungguhnya kekuasaan Allah ada dan ketahuilah kekuasaan Allah tidak akan pernah punah selamanya.

Kita juga tak perlu takut dengan kesempitan rezeki karena Allah Maha Kaya.

Tapi jangan pernah bermain-main dalam melaksanakan ibadah kepadaNya.
Jika belum mampu melaksanakan apa yang diperintahkan, maka jangan pernah mengolok-olok syariat. Sesungguhnya kita diciptakan sebagai hamba untuk menjadi khalifah di bumi bukan untuk sebagai makhluk pembangkang kepadaNya.

Maka terimalah apa yang telah diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar jiwa dan ragamu tentram.
Tapi jika kita tidak menerima pemberian Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan membuat kita mengejar dunia seperti hewan buas yang sedang mengejar mangsanya di padang pasir, dimana hasil yang kita dapatkan sebenarnya telah ditentukan sebelumnya. Hal ini mungkin terjadi pada sebagian manusia yang tidak puas dengan ketentuan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, seperti tidak puas dengan gaji yang diperolehnya, kecantikan wajahnya atau hal lainnya yang membuat orang tersebut lupa atas Kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Jangan pernah juga meminta rezeki untuk esok hari sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga tidak pernah meminta kepada kita amal esok hari (tidak mungkin kita lakukan sholat subuh di waktu selesai sholat isya langsung)

Ketahuilah bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala Mencintai kita, maka atas hak itulah Cintailah Allah Subhanahu Wa Ta’ala.


Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *