Jangan bersedih , Allah selalu membersamai.

Kisah ini dimulai saat aku berkeinginan untuk istiqomah di jalan Allah yaitu berhijrah. Buatku , tahun 2019 adalah tahun penuh dengan perubahan. Berubah menjadi muslimah yang lebih taat , menjadi madrasah yang lebih pantas untuk putri semata wayangku dan ternyata perubahan ini membuatku kehilangan laki-laki yang sempat menyempurnakan setengah agamaku.

Di akhir tahun 2018 , aku selalu berdoa pada Allah agar diberikan kemudahan untuk menjadi muslimah yang lebih taat. Berdoa semoga dijauhkan dengan orang-orang yang tidak memberi pengaruh baik pada hidupku. Dan disitulah akhirnya Allah menunjukkan segalanya.

Pernikahan yang baru berumur singkat akhirnya harus terpisahkan karena perbedaan keyakinan yang terjadi. Mantan suamiku memang mualaf , tapi aku begitu yakin dan percaya pada kesempatan kedua. Maka ku percayakan hati dan hidupku bersamanya , walau pendidikan agamanya masih sangat kurang. Pernikahan kami baik-baik saja , hingga Allah sadarkan bahwa tidak ada yang namanya jodoh namun membuatku menjadi pribadi yang lebih buruk.

Bersama dengannya , aku mulai lalai akan ibadahku. Keinginanku untuk berhijrah tidak pernah bisa ku lakukan karena ilmu agamanya yang masih sangat kurang. Hingga akhirnya aku mengetahui bahwa dia telah berpindah keyakinan selama 6 bulan. Setelah mendengar kesaksiannya perihal keyakinannya yang berubah , Allah menghadirkan keyakinan yang tidak tergoyahkan di hatiku. Allah memang membenci perceraian , tapi Allah memudahkannya untukku , untuk agamaku.

Setelah berpisah , aku mendapat ketenangan yang luar biasa. Seakan hidupku yang lalu hanyalah sebuah cerita pendek yang akhirnya berakhir. Allah selalu membersamaiku dimanapun aku berada. Allah tidak berhenti memberikan jalan keluar dari setiap masalahku.

Mungkin saat ini aku memang sendirian , harus menjadi orang tua tunggal untuk putri semata wayangku. Tapi kejadian ini membuat aku semakin percaya , bahwa apa yang sudah di tetapkan oleh Allah pasti akan dimudahkan. Allah tidak pernah meninggalkan hambanya sendirian. Tidak perlu bersedih , karena Allah tau yang paling baik untuk diri ini.


Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *