Strategi Pendidikan Islam

share

Strategi Pendidikan Islam

Kode buku 008-207-010-0
ISBN 9786022415664
Penulis Mujamil Qomar
Halaman 388


Tentang Buku:
Strategi pendidikan Islam yang tertuang dalam manajemen pendidikan Islam adalah salah satu kunci keberhasilan pendidikan Islam yang belum banyak mendapat perhatian besar. Banyak orang yang ingin mengenali bahkan menguasainya. Namun sebagian dari mereka masih mempertanyakan keberadaannya, adakah manajemen pendidikan Islam itu?

Strategi pendidikan Islam mencoba mengurai dan mewarkan alternatif solusi sebuah strategi yang mampu mengeluarkan para awak pendidikan Islam di Indonesia dari kungkungan multiproblem pendidikan nasional yang telah jamak kerap terlontar dalam diskusi maupun pemberitaan media. Problem-problem tersebut antara lain: (1) fasilitas dan sarana, di antara kondisi faktual yang dapat kita temukan adalah rusaknya ribuan gedung sekolah, bahkan banyak di antaranya roboh dan belum diperbaiki, serta belum adanya akses bagi warga untuk memperoleh dan menikmati sekolah; (2) guru, yang kesejahteraannya hingga sekarang belum terjamin benar, dan kualitasnya pun masih belum memadai dan belum memenuhi arus kemajuan yang terus berkembang; dan (3) kurikulum yang belum memperlihatkan arah yang jelas dan orientasi arah ke depan yang prospektif, dan kalaupun baik dan menjanjikan, kurikulum yang yang dibuat sering kali tidak disesuaikan dengan kemestian operasionalitas, efisiensi, dan efektivias sehingga dirasa memberatkan para pelajar.

Keunggulan Produk:

  1. Buku ini memberikan pemecahan secara tegas terhadap berbagai persoalan yang dihadapi manajemen pendidikan Islam, sistem pendidikan Islam, konsentrasi manajerial, problem kepemimpinan, dan sebagainya.
  2. Buku ini membahas secara khusus dan mendalam tentang dunia pendidikan Islam, sebagai lanjutan dari dua karya dua penulis sebelumnya.
  3. Buku ini ditulis oleh pakar pendidikan Islam yang juga Guru Besar di STAIN Tulungagung yang kini tengah mengajar di beberapa STAIN, IAIN, UIN di Indonesia
  4. Buku ini mengurai problem dengan kritik pedas namun juga menawarkan solusi-solusi cerdas untuk keluar dari problem-problem yang sensitif dan sangat pelik yang dihadapi oleh tubuh lembaga pendidikan Islam

Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *