Membangun Sekolah Islam Unggulan

Membangun Sekolah Islam Unggulan

Kode buku 808-207-017-0
ISBN 978-6020-935-72-0
Penulis Ahmad Basyari, M.Pd.I. & Hidayatullah, M.Pd.I.
Halaman 272



“Metode Pendidikan Rasulullah SAW telah berhasil mendidik sejumlah sahabat sehingga dapat membentuk satu jamaah yang mempunyai keistimewaan dalam akidahnya, perilaku, dan tujuan hidupnya. Metodologi pendidikan Rasulullah inilah yang harus terus-menerus kita gelorakan dari satu generasi ke generasi Islam berikutnya, dan spirit inilah yang menyeruak begitu kuat dalam buku ‘Membangun Sekolah Islam Unggulan’ ini.”

– Prof. Dr. K.H. Didin Hafidhuddin, M.Sc.
Direktur Program Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun, Bogor

“Sudah saatnya semua sekolah Islam menjadikan akhlak mulia sebagai indikator utama suksesnya suatu pendidikan. Akhlak harus ditanamkan melalui keteladanan dan pembiasaan. Semoga buku ini semakin mempertahankan khazanah pendidikan akhlak di Indonesia.”

– H. Adian Husaini, M.Si., Ph.D.
Praktisi dan Konsultan Pendidikan; Ketua Program Doktor Universitas Ibnu Khaldun, Bogor

“Buku yang diangkat dari tesis oleh Ahmad Basyari dan Hidayatullah ini diharapkan dapat menambah khazanah bidang kajian model Sekolah Islam Terpadu. Saat ini trasformasi pendidikan menuju sekolah Islam unggulan berbasis akhlak sangat strategis nilainya. Materi bahasan yang komprehensif dan lugas dalam buku ini sangat memberikan inspirasi bagi para siswa Sekolah Islam Terpadu khususnya dari sisi akhlak, sehingga menghasilkan outcome positif bagi tercapainya pendidikan Islam.”

– Dr. Ir. H. Chaizi Nasucha, MPKN.
Ketua Yayasan Bina Ummat Sejahtera Semesta (YBUSS)

———————————————————————————————————————-

Buku ini menggagas sistem Sekolah Islam Terpadu (SIT) sebagai jawaban atas kegagalan yang dilakukan sekolah umum dalam membina karakter siswa dan lembaga pendidikan Islam yang gagal mengejar ketertinggalannya dalam ilmu-ilmu umum. SIT sebagai sistem pendidikan unggul memadukan kurikulum ilmu umum yang berada di bawah naungan Kemendikbud seperti pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan lain-lain, dengan kurikulum pendidikan agama Islam yang berada di bawah naungan Kemenag, serta disempurnakan dengan kurikulum hasil kajian Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT).

Dalam praktiknya, pembinaan akhlak siswa dilakukan secara praktis, di mana peserta didik dibentuk untuk memahami hak dan kewajibannya sebagai muslim melalui kegiatan ubudiyah harian mulai dari siswa tiba di sekolah sampai kembali ke rumah masing-masing. Sistem pendidikan unggul yang ditawarkan buku ini juga menawarkan konsep full day school (FDS) atau Kegiatan Belajar Mengajar sepanjang hari.

Keunggulan Produk:

  1. Diangkat dari kasus/pengeterapan sistem pendidikan Islam terpadu yang sudah berjalan di sekolah swasta Islam di wilayah Depok.
  2. Ditulis oleh pakar pendidikan yang juga seorang kepala sekolah dan pendidik.
  3. Isinya praktis, lugas, dan jelas, sehingga dapat langsung dipraktikkan.
  4. Didasarkan pada pengalaman pribadi atau kisah nyata penulis.
  5. Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan khususnya pelajar.

Andriansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *